Rabu, 20 Februari 2013

Manfaat Aneka Juice Buah dan Sayuran

Pada dasarnya, membuat jus dari buah dan sayuran adalah cara cepat untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral di tubuh kita. Selain menyegarkan, jus buah dan sayuran kaya akan vitamin dan mineral, yang berguna untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh dari serangan penyakit.  
Buah dan sayuran mengandung vitamin A, C dan E; mengandung karbohidrat, dan sumber senyawa fitokimia yang dapat menurunkan risiko penyakit kanker. Selain itu, jus buah dan sayuran memiliki beragam kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor, besi, dan potasium. Walaupun diperlukan dalam jumlah kecil, mineral ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. kandungan lainnya adalah serat yang bermanfaat untuk memperlancar proses pencernaan, mengikat racun dalam tubuh dan memberikan rasa kenyang.
Antioksidan yang terkandung dalam jus buah dan sayur bermanfaat dalam menurunkan risiko berbagai penyakit. Seperti jantung koroner, stroke, katarak, juga mencegah kerusakan sel pankreas sehingga baik untuk penderita diabetes melitus. Jus buah tertentu seperti jus jeruk sangat kaya akan asam folat, yang sangat bermanfaat jika dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat mengurangi risiko bayi lahir cacat.
Buah berguna membantu mengeluarkan racun dalam tubuh (detoksifikasi). Mengonsumsi buah dalam porsi besar akan membuat tubuh sibuk melakukan proses pembersihan racun dalam tubuh. Buah yang bersifat asam seperti lemon, jeruk, tomat dan nanas adalah buah yang kuat dalam detoksifikasi. Dengan minum jus jeruk setiap pagi sebagai sarapan pagi Anda, maka tubuh akan lebih cepat memiliki energi dan stamina. Karena jus jeruk segar juga meningkatkan kekebalan tubuh.
Sebaiknya mengonsumsi jus buah segar dalam keadaan perut kosong atau 20 menit sebelum makan makanan lain. Dengan cara ini, Anda akan senantiasa berselera untuk selalu mengonsumsi buah segar.
***
Berikut ini beberapa manfaat aneka jus bagi tubuh:

- Jus campuran apel dan seledr
i dapat mengurangi peradangan dan membantu menenangkan jiwa sehingga Anda dapat tidur dengan tenang.


- Jus kubis atau kol mengandung vitamin C dan kalsium yang terbukti memperbaiki saluran pencernaan bahkan dapat mengobati luka dalam 7 hari. Kubis juga memiliki nutrien yang berfungsi sebagai anti kanker.

- Jus dari sayuran yang bersifat basa seperti wortel, tomat, bayam, seledri dapat mengeluarkan racun dalam hati, ginjal, racun di darah dan jaringan otot yang telah mengendap beberapa tahun.

- Jus timun kaya akan silicat yang bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan jaringan seperti otot, tendon, ligamen, tulang rawan dan tulang. Jus mentimun juga bermanfaat untuk mencerahkan warna kulit, juga menyehatkan rambut dan kuku. 

Variasikan bahan dalam membuat jus dengan mencampurkan dua-tiga buah/sayuran sekaligus. Teknik ini akan memungkinkan kita mendapatkan rasa yang lebih unik. Namun, perlu diperhatikan untuk tidak mencampurkan dua bahan dengan aroma yang cukup tajam seperti nangka dengan durian.

sumber http://www.hdindonesia.com 

0 komentar:

Posting Komentar