Selasa, 23 April 2013

Sekilas Teori Chord Dasar



Basic Chords Guitar


Chord adalah Suatu susunan atau bentuk beberapa nada yang dimainkan (dibunyikan) secara bersamaan.
Chord inilah yang kita jadikan rythm sebagai patokan pada saat kita berimprovisasi. Intinya belajar gitar pasti belajar chord lebih dulu, karena nggak mungkin kita langsung berimprovisasi untuk belajar melody, sebelum kita tahu harmonisasi dari chordnya.

Sebenarnya berdasarkan interval nada penyusunya, Chord di bagi menjadi beberapa jenis mulai dari Chord Major, Minor, Diminished, Augmented, dan Dominant.

Secara teori memang banyak jenisnya. Tapi sebagai awal untuk Pemula, cukup dipelajari yang Chord Major dan Minor saja. Karena beberapa jenis chord lainnya seperti Power Chord, adalah perluasan atau improvisasi dari jenis chord ini. 

Kemudian dari bentuk Fingeringnya atau Penjariannya, maka chord dibagi lagi menjadi 2 macam yaitu:

Open Chord
Bentuk penjarian Chord paling dasar yang posisi chordnya hanya memadukan antara senar terbuka dan penekanan nada tertentu. Tiap chord pada open chord mempunyai bentuk tersendiri. Intinya posisi tangan pada saat memainkan chord gitar nggak mungkin sama antara chord satu dan yang lain.

Moveable Chord
Chord yang bentuk fingeringnya bisa dipindah pindah, dengan maksud untuk mendapatkan nada dari chord lain.
Salah satu contoh moveable chord adalah Bar chord atau yang bahasa akrabnya disebut dengan kunci balok. Coba perhatiin tiap chordnya, bentuk jari relatif sama, cuma posisi fretnya saja yang berbeda.


Nah buat pemula, kalo memang belum bisa sama sekali main gitar, mendingan belajar dulu Open chord nya. Karena untuk moveable chord, meskipun bentuknya sama antara satu dengan yang lain, bentuk chord ini lumayan sulit untuk bisa Bright dan Memposisikan tangan pada Fretboard biar suara bisa Jernih alias nggak Fales.

Contoh gambar Moveable Chord (Kunci Balok) :
 



0 komentar:

Posting Komentar